Gebyar Pelayanan Terpadu dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-80



Investigator-news.id Visi Misi Pemerintah Kabupaten Bogor Tahun 2025-2029 

adalah: “Kabupaten Bogor Istimewa dan Gemilang”

Istimewa, adalah kondisi dengan kekhasan tertentu yang 

merupakan aktualisasi dari kerja konkrit Pemerintah 

Kabupaten Bogor yang Inspiratif, Merakyat dan 

Berwibawa, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan 

masyarakat Kabupaten Bogor untuk menjadi masyarakat 

yang terbaik. Gemilang, merupakan perwujudan kinerja 

pembangunan daerah selama lima tahun menunjukkan peningkatan (kemajuan) yang

optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ditandai dengan pelampauan 

dalam pencapaian target kinerja utama daerah.

Dalam rangka mendukung Visi Misi Daerah tersebut, Dinas Kependudukan dan 

Pencatatan Sipil menetapkan Tujuan Strategis yaitu “ Meningkatnya Pelayanan 

Administrasi Kependudukan” sejalan dengan hal tersebut, sasaran jangka 

menengah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah dirumuskan sebagai 

berikut :

Sasaran:

1. Meningkatnya Kepemilikan Dokumen Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;

2. Meningkatnya Kualitas Pelayanan Adminitsrasi Kependudukan;

Indikator Sasaran: 

1. Persentase kepemilikan dokumen kependudukan;

Persentase kepemilikan dokumen kependudukan adalah persentase jumlah 

penduduk yang memiliki dokumen kependudukan, seperti KTP-el, KK, Akta 

Kelahiran, Akta Kematian, dan Akta Perkawinan.

2. Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Adminduk;

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Adminduk adalah data 

dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan 

administrasi kependudukan. IKM ini didapatkan dari hasil pengukuran secara 

kuantitatif dan kualitatif.

Sebagai salah satu perwujudan Visi Misi daerah serta rangkaian Program

Kunjungan Kerja Bupati/Wakil Bupati Bogor dalam Rangka Peringatan Hari Ulang 

Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-80 di Kabupaten Bogor, Maka Dinas Kependudukan

dan Pencatatan Sipil turut berpartisipasi dalam rangka Gebyar Pelayanan Terpadu 

yang diselenggarakan di beberapa kecamatan.

Pada kegiatan Gebyar Pelayanan Terpadu yang diselenggarakan oleh Dinas 

Kependudukan dan Pencatatan Sipil, masyarakat mendapatkan berbagai jenis layanan 

secara langsung. Layanan tersebut meliputi Pendaftaran Penduduk, antara lain 

penerbitan KTP-el, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Identitas Anak (KIA); Layanan 

Pencatatan Sipil berupa penerbitan akta kelahiran, akta kematian; hingga Layanan 

Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai terobosan menuju transformasi layanan 

digital.

Acara ini dihadiri oleh Bapak Bupati Rudi Susmanto.S.Si dan Wakil Bupati Ade 

Ruhandi.S.E, sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah daerah dalam mendorong 

optimalisasi pelayanan publik kepada masyarakat. Kehadiran pimpinan daerah ini 

sekaligus menjadi motivasi bagi jajaran Disdukcapil untuk terus meningkatkan kualitas 

layanan.

Total Dokumen Kependudukan yang berhasil diterbitkan selama 

penyelanggaraan Gebyar Pelayanan Terpadu berlangsung mencapai 2.783 dokumen

kependudukan. Angka ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat serta 

efektivitas pelayanan yang diberikan secara langsung di lokasi acara, seperti yang 

terlampir pada tabel berikut :






Berikut beberapa foto kegiatan Gebyar Pelayanan Terpadu



Masih dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke 80, Dinas 

Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyelenggarakan kegiatan Gebyar Pelayanan 

Administrasi Kependudukan (Adminduk) 80 Jam Non Stop di Mal Pelayanan Publik 

(MPP) yang berlokasi di DPMPTSP. Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen 

pemerintah daerah dalam menghadirkan pelayanan prima, cepat, dan mudah 

dijangkau oleh masyarakat.

Selama 80 jam penuh, layanan adminduk diberikan tanpa henti, meliputi 

penerbitan Kartu Keluarga (KK), KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta pencatatan 

sipil, serta aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Antusiasme masyarakat 

sangat tinggi, terlihat dari jumlah pemohon yang terus berdatangan hingga akhir 

kegiatan.

Tidak hanya sukses dalam memberikan layanan, kegiatan ini juga berhasil 

mencatatkan prestasi dengan meraih penghargaan Rekor MURI Juara 2 untuk kategori 

Pelayanan Publik 80 Jam Non Stop. Penghargaan tersebut menjadi pengakuan nasional 

atas inovasi dan kerja keras jajaran Disdukcapil bersama pemerintah daerah dalam 

menghadirkan pelayanan yang istimewa bagi masyarakat.

Hasilnya, sebanyak 2.061 layanan adminduk berhasil diselesaikan selama 

kegiatan berlangsung, seperti yang terlampir pada tabel berikut :



Berikut beberapa foto kegiatan Gebyar Pelayanan Administrasi Kependudukan 

(Adminduk) 80 Jam Non Stop di Mal Pelayanan Publik (MPP)

Narsum Disdukcapil 

Red investigator-news.id

Terimakasih sudah membaca website kami 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama